Oleh Dian Miranda diterbitkan di Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (J-VIP) Volume 1 Nomor 1 Edisi Januari 2009
Proses pemberdayaan biasanya dilaksanakan dengan dua cara, yaitu secara konseptual dan empirik. Pemberdayaan secara konseptual berarti peningkatan kemampuan menciptakan ide/gagasan atau secara lebih spesifik proses penyadaran diri (self awareness). Selanjutnya pemberdayaan empirik yang dilakukan individu untuk memperbaiki kehidupan dengan cara yang praktis. Langkah-langkah pemberdayaan diri meliputi (1) memeriksa keterbatasan diri, (2) memperluas batas, (3) membangun dialog batin yang positif, (4) mengupayakan dukungan.
Proses pemberdayaan biasanya dilaksanakan dengan dua cara, yaitu secara konseptual dan empirik. Pemberdayaan secara konseptual berarti peningkatan kemampuan menciptakan ide/gagasan atau secara lebih spesifik proses penyadaran diri (self awareness). Selanjutnya pemberdayaan empirik yang dilakukan individu untuk memperbaiki kehidupan dengan cara yang praktis. Langkah-langkah pemberdayaan diri meliputi (1) memeriksa keterbatasan diri, (2) memperluas batas, (3) membangun dialog batin yang positif, (4) mengupayakan dukungan.
No comments:
Post a Comment